Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Rabu, 02 November 2016

MUSAMUS, WUJUD KEKUATAN DAN KERJA SAMA SANG RAYAP

Manusia merupakan makhluk ciptaan Tuhan yan,g paling sempurna. Namun, terkadang kesempurnaan itu membuat kita lupa diri. Merasa menjadi makhluk yang paling hebat,,,, kita meremehkan makhluk yang lebih kecil atau lemah. Padahal sudah seringkali berbagai pengetahuan kita dapatkan dari, melihat makhluk lainnya. Tidak terkecuali hewan kecil seperti Rayap dan ,,Semut.bisa gak ya, seperti itu, Seperti itulah sebagian keluh kesah kita.Seringkali mudah putus asa atau rasa tidak mempunyai kemampuan. Padahal jika kita mau berusaha segala kemungkinan sekecil apapun itu selalu ada. Kita suka bermimpi, namun tidak berusaha mewujudkan impian itu. Karena impian dapat terwujud tatkala kita mau bekerja keras. Bahkan mahkluk kecil seperti Rayap pun dapat mewujudkan impiannya Musamus, Kemegahan Istana Sang Rayap Musamus, begitulah orang-orang Suku Marind, Merauke, Papua menyebutnya. Merupakan bagunan tinggi seperti Candi Prambanan yang banyak ditemukan di Taman Nasional Wasur, Papua. 

Namun, banyak orang menyebutnya rumah semut. Padahal bangunan berbahan dasar tanah ini merupakan rumah dari koloni rayap. Mereka Namun, banyak orang menyebutnya rumah semut. Padahal bangunan berbahan dasar tanah ini merupakan rumah dari koloni rayap. Mereka bekerjasama membangun bangunan yang tingginya dapat mencapai lebih dari 4 meter. Bangunan tersebut sangat keras seperti batu besar. Tinggi Musamus tersebut sekitar 4 meter. Sungguh luar biasa, makhluk kecil bernama rayap tersebut dapat membangun sebuah tempat tinggal hingga sebesar dan seindah itu..Setiap bagian dari dinding Musamus terlihat nyaris sempurna. Bentuknya mengerucut hingga ke ujungnya dengan lekuk-lekuk yang indah disetiap sisinya. Jika di lihat dari dekat, pada dinding bebentuk bulatan-bulatan dan berpori-pori. Menurut sumber informasi yang penulis peroleh, ternyata pori-pori tersebut merupakan lorong-lorong yang berfungsi sebagai ventilasi. Selain itu juga berfungsi untuk melindungi saat turun hujan serta membantu melepas panas ke udara saat musim panas tiba. Benar-benar bangunan yang sempurna. 
Hasil karya dari koloni rayap. Inilah ujud kekuatan impian sang rayap.Keistimewaan lain dari Musamus adalah bangunanya yang keras seperti batu. Walaupun hanya di bangun dari campuran tanah, alang-alang serta air liur rayap, namun bangunan tersebut dapat membuat kendaraan seperti mobil rusak jika menabraknya. dulu juga kerap digunakan penduduk untuk memasak. ‘Karena disini sulit ditemukan batu, maka dulu masyarakat menggunakannya untuk memasak;Pecahan bongkahan bangunan istana rayap tersebut di bakar dulu sebagaimana mana masyarakat suku lainnya di Papua memanaskan batu untuk memasak,Musamus sendiri di dunia keberadaannya hanya dapat di temui pada beberapa negara. Salah satunya adalah di Indonesia, khususnya Taman Nasional Wasur (TNW), Papua. Diperkirakan Musamus yang ada di TNW ini merupakan yang terbanyak di dunia. Tentu ini sangat membanggakan kita semua, bangsa Indonesia.Mengetehui segala kelebihan yang dimiliki Musamus, Pemda Merauke mengabadikannya menjadi nama pesawat yang dimilikinya. Selain itu juga menjadi lambang kekuatan masyarakat Merauke..Saat ada kesempatan berkunjunglah ke Merauke. Temukan segala keunikan dan kekhasan dari Taman Nasional Wasur. Jangan pernah lewatkan untuk melihat Musamus. Yuk wujudkan semua impian kita dengan terus belajar dan bekerja keras sebagaimana koloni Rayap di Taman Nasional Wasur.

0 komentar:

Posting Komentar